Pertanyaan yang sering muncul

Apa itu Tanijoy?

Tanijoy adalah sebuah platform yang membantu menghubungkan landowner dengan petani kecil yang tidak memiliki lahan untuk bisa bertani secara professional yang membantu meningkatkan taraf hidup petani kecil dan juga memberikan transparasi di semua aktifitas pertanian yang dilakukan para petani dalam mengelola lahan mulai dari penanaman hingga pemasaran kepada landowner sebagai bentuk dalam membangun kepercayaan satu sama lain.

Bagaimana cara untuk bergabung menjadi mitra lahan kami?

  1. Silahkan anda melakukan pendaftaran di halaman mintra lahan kemudian lengkapi data Anda.
  2. Tanijoy akan membuat jadwal untuk melakukan first meeting bersama Anda dan memverifikasi seluruh data anda dan membuat kontrak.
  3. Surveyor kami akan langsung datang ke lahan Anda untuk melakukan verifikasi secara langsung potensi lahan dan petani yang bisa bergabung untuk mengerjakan project disana.
  4. Jika lahan anda telah terverifikasi oleh surveyor kami, selanjutnya akan tanda tangan kontrak kerjasama antara Tanijoy dengan Anda dengan minimal 2 tahun lamanya.
  5. Melalui dashboard yang kami berikan, Anda bisa dengan mudah memonitor segala sesuatu aktifitas lahan yang digarap mulai dari penanaman sampai dengan masa panen tiba yang dilaporkan oleh Filed Manager setiap harinya.
  6. Anda juga akan mendapatkan laporan dari hasil panen dan kemudian akan mendapatkan sharing profit dari hasil panen yang telah dijual.

Bagaimana Tanijoy bekerja?

Tanijoy bekerjasama dengan petani daerah setempat dan melatih salah satu dari kelompok tani tersebut sebagai field manager yang langsung mengawasi semua aktifitas pertanian yang dilakukan dan memasukkan data ke dashboard kami. Selain itu kami juga memberikan rekomendasi tanam setiap musimnya berdasarkan kebutuhan yang diinginkan oleh pasar. Kita memberikan transparasi kepada landowner untuk mendapatkan laporan setiap harinya secara real time sehingga landowner juga mengetahui perkembangan tanaman yang ditanam dan petani yang mengembangkan lahannya.

Apakah manfaat menjadi mitra lahan kami?

Menjadi mitra lahan kami, berarti anda juga berpartisipasi dalam peningkatan kesejahteraan petani kecil di Indonesia. Anda juga mendapatkan manfaat secara financial dimana anda bisa tetap mendapatkan passive income dengan hanya memonitor melalui smartphone atau laptop Anda dimanapun anda berada. Selain itu, menjadi mitra lahan juga sama halnya berpartisipasi aktif dalam pengembangan keanegaragaman hayati di Indonesia dan membantu kelangsungan hidup masyarakat pedesaan, keluarga anda bahkan manusia dalam meningkatkan kadar O2 dalam udara melalui budidaya pertanian.

Siapa sajakah yang berperan dalam project Tanijoy dan apa saja tugasnya?

  • Petani: Melakukan aktifitas pertanian setiap harinya mulai penanaman hingga panen.
  • Field Manager: Seseorang yang bertugas untuk mengawasi dan menyimpan data dari semua aktivitas pertanian, dan juga yang bertanggungjawab untuk menjual hasil panen.
  • Surveyor: Melakukan verivikasi, monitoring, quality control dan membina Field manager serta petani serta memberikan laporan terhadap landowner dan investor.
  • Investor: Menginvestasikan uangnya untuk memulai sebuah project di tanijoy.
  • Mitra Lahan: Pemilik lahan yang bekerjasama dengan Tanijoy.

Bagaimana skema bagi hasil jika bekerjasama dengan Tanijoy?

Bagi hasil yang akan dilakukan adalah hasil profit bersih dari panen yang dijual oleh field manager dengan presentase mitra lahan mendapatkan 40% jika anda juga mendanai project penanaman dan 10% jika anda tidak mendanai project penanaman kemudian 30% akan kembali ke investor atau pemberi dana untuk project, petani mendapatkan 50% dan untuk administrasi Tanijoy sebesar 10%.

Apa yang terjadi jika kontrak menjadi mitra lahan dengan Tanijoy berakhir?

Tanijoy berharap bahwa ada minimal kontrak yang menjadi kesepakatan bersama mitra lahan yaitu selama 2 tahun. Namun kami juga akan tetap berharap bahwa mitra lahan masih mau memperpanjang kontrak dan ikut serta memberikan dampak positif kepada petani kecil serta mensejahterakan hidupnya.

Apakah Tanijoy bisa membantu Mitra Lahan yang sudah memiliki lahan dan petani sendiri?

Tanijoy berprinsip untuk siap membantu mitra lahan dalam pengelolaan lahannya dan memberikan dukungan dalam hal teknologi untuk mempermudah pengawasan serta peningkatan produktivitas petani.

Apakah mitra lahan Tanijoy akan mendapatkan bukti kerjasama sebagai mitra?

Tentu, Tanijoy akan memberikan surat perjanjian maupun sertifikat kepada mitra lahan sebagai bukti bahwa kerjasama yang dilakukan diantara mitra lahan dan tanijoy bisa berjalan dengan lancer dan berbadan hukum.

Bagaimanakah prosedur dan persyaratan menjadi mitra lahan Tanijoy?

Tanijoy sangat terbuka bagi siapapun yang ingin bekerjasama dengan kami dalam menyediakan lahan untuk aktifitas pertanian dengan petani kecil. Untuk hal tersebut Tanijoy akan mengirimkan email kepada anda calon mitra lahan tentang persyaratan yang harus diberikan kepada kami untuk verifikasi data, yaitu sebagai berikut:

  1. Memberikan secara detail alamat lokasi lahan yang dimiliki, kelurahan/desa, kecamatan/kabupatennya dan provinsinya untuk memudahkan surveyor dalam verifikasi.
  2. Luasan lahan yang akan dibuat untuk kerjasama digunakan oleh petani sebagai tempat beraktifitas sehari – hari untuk melakukan aktifitas pertanian.
  3. Memberikan detail informasi penggunaan data atau internet dalam cangkupan wilayah tersebut untuk memudahkan dalam penggunaan aplikasi sebagai penunjang aktifitas pertanian.
  4. Status kepemilikan lahan dan dokumen lengkap yang dimiliki perseorangan ataupun lebih dari satu orang yang memiliki hak milik lahannya.
  5. Keadaan iklim daerah tersebut, meliputi ketinggian tanah, suhu udara dan curah hujan tahunan.
  6. Sumber air terdekat yang digunakan dalam aktifitas pertanian.
  7. Kebiasaan warga sekitar lahan dalam hal penanaman tanaman yang sering dilakukan selama ini dan hasil panennya selama ini dijual kemana.

Bagaimana cara menghubungi Tanijoy jika ingin tahu lebih lanjut tentang kerjasama yang dilakukan?

Anda bisa langsung datang ke kantor kami di Jalan Tawes No.36, Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220 (maps) dan bisa juga dengan menghubungi kami melalui Email: hi@tanijoy.id atau HP: (+62) 813 8037 4566